Negara, Agama & Radikalisme

Judul: Negara, Agama & Radikalisme
Penulis: Muradi
ISBN 978-602-61075-4-1
Ukuran: 14,5 cm X 21 cm
Halaman: xi + 80
Tahun terbit: Agustus 2017



Indikasi empiris tentang keterlibatan gerakan radikalisme sebagai sebuah gerakan di Indonesia dengan berbagai macam tipe yang dilatarbelakangi oleh akar penyusun yang beragam. Kemudian secara simultan pengetahuan mengenai radikalisme agama di framming oleh berbagai pihak dan meruang dalam demokrasi Indonesia sebagai negara yang menganut demokrasi dirundung oleh banyak konflik yang dicirikan sebagai gerakan radikalisme agama. Tesis Samuel P. Huntington dengan "The Clash Civilization" sangat rawan bila tidak dipahami dengan seksama dalam melihat fenomena di Indonesia yang juga sebagai negara dengan penganut Islam yang dominan dalam skala internasional.

Selain melacak gerakan radikalisme Islam dan memproduksi pengetahuan tentang alasan teologis, juga pekerjaan penting untuk mentransformasikan watak politik contentious dan konflik zero sum game ini ke dalam ruang yang kompromi dan deliberative dalam menata kembali nilai-nilai kemanusiaan yang universal, tanpa menciderai kelompok tertentu.

Buku ini mencoba menjelaskan bagaimana fenomena agama yang beririsan dengan gerakan radikalisme dan peran serta posisi Negara di antara keduanya. Penekanan posisi dan peran Negara dan agama dalam buku ini akan terasa dominan dan kental sebagai bagian dari upaya memastikan bahwa kehadiran keduanya menegaskan juga kehadiran Negara dalam memastikan rasa aman publik.


=============

Daftar Isi
Bab 1
PENDAHULUAN
Bab 2
RADIKALISME DAN AGAMA
Bab 3
AGAMA DAN RADIKALISME DI INDONESIA
Bab 4
NEGARA, AGAMA RADIKALISME DI INDONESIA
Bab 5
PENUTUP

Posting Komentar

0 Komentar